BIMTEK PERANGKAT DESA TENTANG PENGELOLAAN ASET DESA

  • Nov 23, 2023
  • Admin Desa Ekasari

Aset adalah barang atau benda yang terdiri dari benda tidak bergerak dan benda bergerak baik yang berwujud (tangible) dan tidak berwujud (intangible) yang tercakup dalam aktiva/kekayaan pemerintah desa. Pengelolaan Aset (kekayaan) pemerintah desa merupakan hal yang sangat penting karena untuk memantau dan menghitung serta memanfaatkannya secara optimal.

Manajemen aset berfungsi untuk informasi perjalanan asset secara keseluruhan,memuat berapa banyak aset dan biayanya, pemanfaatan, kondisi dan pemeliharaan serta lokasi penyimpanan.

Hal ini juga berfungsi untuk mencegah dari hilangnya asset,perhitungan pajak dan depresiasi. Banyak yang masih menganggap Manajemen Aset secara fisik hanyalah sekedar instrumen pengelolaan daftar aset, serta pencatatan oleh bagian petugas barang.

Anggapan yang kurang tepat lainnya adalah bahwa pengelolaan fisik aset sepenuhnya sudah diserahkan kepada Petugas Pengelola Aset, padahal baik daftar aset maupun pengelolaan aset fisik hanyalah bagian kecil dari Physical Asset Management

Sudah saatnya instansi atau pemerintahan desa mengelola aset dengan mengoptimalkan prasarana teknologi,mulai dari database management yang bisa mencatat dan mengupdate status aset, pemeliharaan dan perbaikan aset, depresiasi aset, mutasi dan rotasi aset, serta status custody dan user.